101 Best Pyramid Training Workouts: The Ultimate Challenge Workout Collection

101 Best Pyramid Training Workouts: The Ultimate Challenge Workout Collection

Biologi Sistem ekskresi pada vertebrata terdiri atas organ-organ:1. ginjal 2. kulit 3. hati 4. paru-paru 5. insang. organ yang paling banyak membuang sampah yang mengandung n adalah .....

Sistem ekskresi pada vertebrata terdiri atas organ-organ:1. ginjal 2. kulit 3. hati 4. paru-paru 5. insang. organ yang paling banyak membuang sampah yang mengandung n adalah .....

Organ yang paling banyak membuang sampah yang mengandung Nitrogen (N) pada sistem eksresi pada vertebrata adalah Ginjal. Ginjal akan mengalirkan urine ke kandung kemih yang mana urine tersebut merupakan limbah nitrogen yang dieksresikan berupa asam urat, urea, dan amonia.

Pembahasan

Vertebrata meruapakn hewan yang memiliki tulang belakang, dibagi menjadi 5 jenis, yaitu mamalia, pisces, aves, amfibi, dan reptil. Manusia merupakan makhluk vertebrata berdarah panas dan tergolong dalam mamalia, karena dapat melahirkan dan memiliki kelenjer susu.

Berikut adalah beberapa organ sistem ekskresi pada manusia, yaitu:

  1. Ginjal. Manusia memiliki ginjal berwarna merah kecoklatan dengan ukuran sekitar 10-12 cm kepalan tangan orang dewasa. Terletak pada sisi kanan dan kiri tubuh, dibagian belakang rongga perut. Organ ini berfungsi untuk meyaring zat sisa makanan, obat-obatan yang terdapat di darah, selain itu mengendalikan keseimbangan cairan yang ada didalam tubuh. Zat sisa yang keluar akan diubah menjadi urine, dan akan dialirkan ke kandung kemih.
  2. Kulit. Manusia memiliki sekitar 2-4 juta kelenjer keringat yang tersebar di seluruh tubuh. Terdapat 2 jenis yaitu: Kelenjer ekrin dan kelenjer apokrin. Keringat berfungsi sebagai pengendali suhu tubuh, dan juga berperan dalam membuang racun yang ada didalam tubuh.
  3. Hati. Hati adalah organ manusia yang terletak pada bagian kanan atas rongga perut dibawah diafragma. Hati berperan dalam mengolah racun atau detoksifikasi. Zat racun yang dibuang oleh hati adalah amonia yang merupakan hasil penguraian protein, jika hal tersebut dibiarkan maka akan menyebabkan gangguan kesehatan pada ginjal.
  4. Paru-paru. Organ yang berperan dalam sistem pernapasan manusia, dimana merupakan tempat pertukaran oksigen yang diperoleh dari udara kedalam darah. Sel tubuh yang memperoleh oksigen akan menghasilkan karbon dioksida sebagai hasil metabolisme. Karbon dioksida merupakan zat beracun yang sangat berbahaya jika dibiarkan menumpuk

Pelajari lebih lanjut

Fungsi sistem ekskresi dalam sel sel hewan berperan penting https://brainly.co.id/tugas/15843961

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

[answer.2.content]